5 Manfaat Menari Untuk Kesehatan

Menari merupakan komposisi antara aktivitas fisik, interaksi sosial, ekspresi kreatif, dan emosional. Tidak hanya sarat manfaat atau sebatas mengekspresikan diri, kegiatan menari tepat sekali bagi Anda yang kurang menyukai olahraga yang bersifat individual.

Gandespamantes.org- Menari itu baik untuk tubuh kita. Bahkan sebenarnya menari itu termasuk salah satu jenis olahraga. Mulai dari tarian tradisional, modern, balet, dan lain-lain, semuanya merupakan olahraga. Menari bisa memberikan banyak manfaat yang setara dengan aktivitas olahraga lainnya.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah lima manfaat menari untuk kesehatan yang di dapat dari kegiatan menari.

Menari Bermanfaat untuk Keseimbangan dan Perbaikan Suasana hati

Banyak studi yang menyebutkan bahwa menari dapat memperbaiki keseimbangan, bahkan pada seseorang yang berusia lanjut. Pada orang usia lanjut, manfaat menari dapat dilihat dari adanya perbaikan dalam postur tubuh, kecepatan berjalan, dan juga kecepatan bereaksi. Menurut jurnal The European Journal of Physical Rehabilitation di tahun 2009, menari bisa membantu penderita penyakit Parkinson.

Selain itu, menari juga dapat memperbaiki suasana hati. Hal dapat dibuktikan dengan berkurangnya rasa depresi, cemas, stres dan meningkatkan rasa kepercayaan diri. Bahkan, sebuah teori yang dipublikasikan di Jurnal Arts in Psychotherapy menyebutkan bahwa menari bisa menjadi salah satu pilihan terapi bagi para penderita depresi dan kecemasan.

Menari dapat membantu meningkatkan energi

Ada nasihat bahwa bila Anda merasa letih, lesu, dan tak bergairah, pergilah berolahraga. Olahraga di sini sama dengan menari. Aktivitas fisik saat menari akan memicu keluarnya hormon endorfin yang akan membuat kita merasa bergairah.

Menari juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, sehingga ada rasa refresh ketika Anda selesai beristirahat. Endorfin dan kualitas istirahat yang baik pada akhirnya akan berakibat pada kemampuan fokus yang lebih baik.

Menari Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung dan Berat Badan

Menari bisa menjadi pilihan olahraga jenis aerobik yang baik dan bagus untuk kesehatan jantung Anda. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang-orang dengan gagal jantung yang stabil dan melakukan tarian jenis Waltz, terjadi perbaikan dalam fungsi pembuluh darah dan perbaikan kualitas hidup.

Selain itu, menari juga baik untuk menjaga berat badan ideal Anda. Pasalnya, menari dapat membakar hingga 240 kalori dari tubuh Anda. Pada umumnya, seseorang bisa membakar hingga 200 kalori saat menari. Contohnya pada orang yang melakukan gerakan tarian tango, maka jumlah kalori yang terbakar dapat mencapai 200 kalori.

Menari membuat tubuh lebih lentur

Gerakan-gerakan menari melibatkan bagian tubuh atas maupun bawah, dan dengan demikian dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot. Selain itu, gerakan menari juga dapat meningkatkan kelenturan tubuh.

Meningkatnya kelenturan akan mengurangi nyeri sendi dan rasa pegal-pegal. Tidak harus melakukan gerakan balet, gerakan tarian tradisional seperti tari Jawa pun sama melenturkan.

Menari dapat bantu meningkatkan daya ingat

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh The New England Journal of Medicine, menari dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah demensia ketika seseorang bertambah tua.

Latihan aerobik dapat mengubah kehilangan volume di hippocampus, bagian otak yang mengontrol memori. Seiring dengan pertumbuhan manusia, hippocampus secara alami mengalami penyusutan sehingga menyebabkan gangguan memori.


PHOTO CREDIT : Murid Penari Sanggar tari Gandes Pamantes berlatih menari. FILE/DOK. PHOTO SANGGAR TARI GANDES PAMANTES

Baca Juga : 7 Manfaat Menari Untuk Sang Buah Hati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *