Sejumput Cerita di Hari Batik Indonesia

Perkembangan warisan batik di Indonesia telah menggoreskan nilai seni yang sangat tinggi dan apik untuk dinikmati masyarakat, baik domestik maupun mancanegara.

Gandespamantes.org- Macam macam kebudayaan Indonesia sangat beragam dan hadir dalam banyak bentuk seperti karakteristik kemajemukan yang dimiliki oleh bangsa ini. Seperti Tarian tradisional, bahasa, budaya, termasuk batik yang menjadi produk kebanggaan dengan ragam khas budaya Indonesia.

Berbicara mengenai Batik, saat ini pun perkembangannya terbilang pesat, hampir setiap toko menjual Batik modern dengan model, motif dan warna yang beraneka ragam. Sehingga banyak masyarakat yang terus membudayakan Batik dalam kegiatan sehari-hari.

Terlebih lagi, Setiap tanggal 2 Oktober, Indonesia dan Dunia telah memperingati Hari Batik Nasional. Peringatan ini terjadi ketika batik memperoleh pengakuan dunia pada tahun 2009 dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization ( UNESCO).

Diakuinya Batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia merupakan wujud pengakuan internasional terhadap kebudayaan Indonesia. Kita tidak hanya berbangga dan menunjukan kecintaan dengan berpakaian batik. Tetapi kita juga harus ikut melestarikan dan tetap mempertahankan corak batik sebagai lambang keindonesiaan.

Karena itulah, makna Hari Batik Nasional yang mesti dipahami secara lebih luas adalah sebagai upaya untuk mewarisi budaya nasional dan memelihara tradisi. Dengan membuat dan mengenakan batik dalam kegiatan sehari-hari, dan tidak mesti dipahami sebagai upaya responsif dari klaim dari negara lain yang mengakui batik sebagai warisan budayanya.

Terlepas dari itu semua, di kesempatan ini dalam rangka mendukung serta melestarikan Batik Indonesia, Sanggar tari Gandes pamantes pun membuat Batik Gandes yang kreatifitas dan inovasi desain dibuat khusus oleh ibu Ratna @handayani_geulis. Semoga setiap anak Indonesia dapat selalu mencintai serta bangga dengan produk batik Indonesia.


Photo Credit :Sanggar tari Gandes pamantes pun membuat Batik Gandes yang kreatifitas dan inovasi desain dibuat khusus oleh ibu Ratna @handayani_geulis. FILE/Dok. Photo SANGGAR TARI GANDES PAMANTES

Video dalam rangka mendukung serta melestarikan Batik Indonesia, Sanggar tari Gandes pamantes pun membuat Batik Gandes yang kreatifitas dan inovasi desain dibuat khusus oleh ibu Ratna @handayani_geulis. Semoga setiap anak Indonesia dapat selalu mencintai serta bangga dengan produk batik Indonesia.

Sanggar Gandes Pamantes Mengucapkan Selamat Hari Batik Sedunia

Hanupis!🙏

Baca Juga :  Sanggar Gandes Pamantes Pertahankan Eksistensi Tari Tradisi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *