Menari Adalah Siratan Ekspresi

sanggar tari gandes pamantes

Menari Adalah Siratan Ekspresi

Menari bukan sebatas soal gerak. Jika seni tari hanya dipandang dari satu sisi itu saja, berarti lingkupnya parokial. Padahal, seni tari meliputi banyak aspek yang menghasilkan ekspresi.

Gandespamantes.org – Belakangan, seni tari kembali digalakkan setelah sekian lama tidak terdengar. Berkembangnya seni ini bisa dilihat dari banyaknya ekstrakurikuler yang hadir di sekolah maupun sanggar-sanggar tari profesional seperti kami, Gandes Pamantes, yang berusaha untuk meregenerasi para penari. Jika bukan kita yang akan meneruskan, lalu siapa lagi yang akan meneruskan seni ini?

Namun terlepas dari itu, rasanya kurang tepat jika mengatakan bahwa seni tari hanyalah sebatas gerakan yang berkesinambungan. Karena, menari adalah seni kreatifitas yang mengolah tubuh dalam bentuk gerakan. Bahkan lebih dari itu. Buat kami Sanggar Gandes Pamantes, menari adalah  adalah ekspresi alamiah untuk mengejawantahkan suatu perasaan dalam diri seseorang atas apa yang dirasakannya.

Buat Kami, menari adalah sebuah rasa. Sebuah perpaduan ekspresi dari hasil antara alunan nada yang seirama dengan langkah kaki nan menyatu dengan  gemulai tangan yang selaras dengan busana yang ditampilkan. Sehingga mampu memberikan komunikasi nonverbal yang begitu indah.

Selain itu, menari merupakan sebuah proses menumbuhkan kreativitas, mengenal dan mencintai. Menari tak hanya sekedar menghafal gerakan, tetapi juga dengan hati. Wiraga (fisik), Wirama  (iringan musik) dan Wirasa (penjiwaan atau ekspresi). Mengutip definisi Atik Sopandi tentang tari, “Seni tari adalah ekspresi jiwa manusia melalui gerakan ritmis atau ide tertentu.”

Perlu diketahui, negara Indonesia memiliki budaya dan tradisi yang sangat kaya. Bahkan dari dulu hingga kini, tarian digunakan dalam penyambutan tamu maupun adat. Sehingga sejarah seni tarian di Indonesia dari masa ke masa mengalami perkembangan. Sudah sepantasnya kita melestarikan setiap warisan budaya yang bersifat positif yang merupakan warisan dari nenek moyang.

Melestarikan budaya bangsa tersebut dilakukan dengan melihat, menikmati suguhan pertunjukan bahkan bisa juga dengan melakukannya. Seperti yang selama ini Kami, Sanggar Gandes Pamantes coba lakukan. Yang berupaya untuk melestarikan budaya melalui seni tari.


Photo Credit : SAnggar GAndes pamantes menari tarian tradisional di kota bogor, jawa barat. FILE/Dok/Ist. Photo PEMKOTBOGOR

Baca Juga : Bawakan Tari Leungiten, Gandes Pamantes Raih Juara Ke-3


Leave a Reply

× How can we help you?
WhatsApp chat