Bawakan Tari Leungiten, Gandes Pamantes Raih Juara Ke-3

Gandespamantes.org – Sanggar Tari Gandes Pamantes yang menghadirkan tarian tradisional berjudul Leungiten dan berhasil meraih Juara Ke-3 dalam Festival Tari Tradisional untuk ajang Remaja Putri Kreatif 2019, yang diselenggarakan oleh Yayasan Putik Indonesia Berkarya dalam Playfull Sunday yang dilaksanakan di South Quarter Dome, Minggu (25/12/2019).

Tari Leungiten yang berhasil keluar sebagai juara Ke-3 ini merupakan unsur tari jaipongan yang menggambarkan kegelisahan, kesedihan dan keprihatinan akan hancurnya lingkungan dan sekitarnya. Dan hal ini adalah akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab dalam memelihara lingkungan alam sekitarnya.

Dan kini alam sudah tidak asri lagi. Gundul dan tandus, dan sebagian orang pun sudah tidak peduli lagi akan lingkunganya. Mungkin yg masih tersisa saat ini hanyalah kenangan atau kerinduan akan Jagat yang asri, berdaun hijau, subur, indah. Sekarang, yang ada hanya harapan yang tak berujung

Penari dari Sanggar Tari Gandes Pamantes dengan Hiasan rambut dibuat menarik, dan riasan wajah dibuat minimalis namun tetap mengeluarkan aura cantik mojang sunda ini menghadirkan tarian yang dibawakan dengan enerjik dengan iringan musik tradisional gendang, ketuk, kecrek, goong, rebab serta alunan lagu dari seorang sinden atau juru kawih.

Tarian Leungiten yang disuguhkan oleh Sanggar Tari Gandes Pamantes kerap dipentaskan dalam berbagai perhelatan. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan tari Lawang Rasa ini akan  dikolaborasikan dengan berbagai kesenian kontemporer yang lebih bersifat hiburan.

Perlu diketahui, Saat ini, tari masih cukup digemari oleh sebagian masyarakat. hal tersebut dikarenakan tari memiliki peranan yang tidak kalah penting dengan kebutuhan manusia yang lainnya.  Tari dapat digunakan sebagai hobi, tontonan, pelajaran sekolah atau pun sebagai hiburan semata.

Sanggar Tari Gandes Pamantes – Tarian Leungiteun:

Hanupis!🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *