Bangun Karakter Dini Melalui Tari Tradisi

Sanggar gandes pamantes bangun karakter dini melalui tari tradisi

Bangun Karakter Dini Melalui Tari Tradisi

Seni tradisional banyak memberikan kontribusi pada peserta didiknya, termasuk membentuk karakter. Bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah, tetapi bantu merasakan  nilai-nilai yang baik, mau dan mampu melakukannya.

Gandespamantes.org- Pendidikan merupakan aspek penting yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Agar setiap manusia mampu bertahan dan menjalani kehidupan masa depannya dengan terarah. Seperti halnya seni tradisional yang banyak memberikan kontribusi pada peserta didiknya, termasuk membentuk karakter.

Mata pelajaran seni tidak dapat digantikan oleh mata pelajaran lain, Kedudukannya sebagai aesthetic needs dalam mata pelajaran memiliki fungsi yang unik. Berdasarkan berbagai kajian dan penelitian, ditemukan bahwa pendidikan seni memiliki keunikan peran atau nilai strategis dalam pendidikan sesuai perkembangan jaman  dan perubahan dinamika dalam masyarakat.

Karena itulah, pada masa lalu, seni tari yang berkembang di Indonesia terutama tari-tari yang diajarkan pada lingkungan keraton dan sekolah merupakan tari tradisional  yang bergaya klasik, yang cenderung memiliki pakem serta nilai-nilai hingga menelurkan tingkah laku karakter yang baik.

Pembelajaran tari dapat membantu membentuk karakter peserta didik. Aspek nilai, norma dan ritual tidak terlepas dari sebuah karya tari. Setiap tarian berisi pesan dan moral kebudayaan. Dapat diartikan bahwa pembentukan karakter dilakukan melalui proses apresiasi dan kreativitas tari. Kolaborasi antara pikiran, perasaan dan tindakan dibutuhkan sebagai pemacu.

Namun, membentuk siswa yang berkarakter bukan suatu upaya mudah dan cepat. Hal tersebut memerlukan upaya yang terus menerus dilakukan. Refleksi yang mendalam perlu dilakukan untuk membuat Moral Choice yang mampu ditindaklanjuti secara nyata sehingga menjadi hal yang reflektif.

Melalui pendidikan seni tari, sikap estetis pada siswa akan terbentuk sehingga tercipta manusia Indonesia dengan karakter yang seimbang, baik dalam perkembangan pribadi, lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar, serta hubungan dengan Tuhan.

Sehingga, seni memiliki potensi yang besar tidak hanya sebagai hiburan saja. Efektivitas seni sebagai penyampaian pesan dilakukan dengan sentuhan keindahan. Melalui seni seluruh bagian otak terlibat dalam pemrosesan pesan yang sangat penting untuk pembentuk karakter dan peserta didik tari. Dan hal tersebut alangkah baiknya jika di bentuk sejak dini.


PHOTO CREDIT : Murid Penari Sanggar tari Gandes Pamantes berlatih menari yang cenderung memiliki pakem serta nilai-nilai hingga menelurkan tingkah laku karakter yang baik . FILE/DOK. PHOTO SANGGAR TARI GANDES PAMANTES

Baca Juga : 7 Manfaat Menari Untuk Sang Buah Hati


Leave a Reply

× How can we help you?
WhatsApp chat