Sanggar Gandes Pamantes bawakan Tari Bapang di Turnamen Golf POLINEMA CUP V

Sanggar Gandes Pamantes bawakan Tari Bapang di Turnamen Golf POLINEMA CUP V

Sanggar Gandes Pamantes bawakan Tari Bapang di Turnamen Golf POLINEMA CUP V

Malang sangat kaya dengan ragam kesenian serta budaya dan yang paling menarik dalam tari tradisinya adalah Tari Topeng Bapang.

Gandespamantes.org- Sanggar Tari Gandes Pamantes menghadirkan tarian Bapang sebagai tarian pembuka dalam acara rutin tahunan turnamen golf bertajuk Direktur Polinema Cup V yang digelar Ikatan Alumni Politeknik Negeri Malang (IKA Polinema), di Sentul Highland Golf Club, pada hari Minggu (20/10/2019).

Perlu diketahui, Malang sangat kaya dengan ragam kesenian dan salah satunya adalah tari topeng malang. Selama ini masyarakat banyak mengenal ragam tarian topeng diantaranya Tari Topeng Grebeg Jowo, Grebeg Sabrang, Gunungsari, Ragil Kuning, dan tak Ketinggalan yang paling menarik adalah Tari Topeng Bapang.

Tarian bapang menceriterakan kisah perjalanan  Bapang Jayasentika adipati Banjarpatoman mneghadap Prabu Klana Sewandana. Bapang memiliki sifat adigang adigung—sombong, terlalu membanggakan dirinya sebagai orang yang  kuat dan cerdas, gila sanjungan, menggunakan volume besar, distorsi topeng  yang berlebihan (hidung yang sangat panjang), serta cara mengenakan jamang terbalik.

Di Senggreng Bapang ditafsirkan sebagai tarian Baladewa memiliki watak pemberani, berangsan. Tarian bapang dimulai dari Gedruk Gawang yaitu gerakan kaki menghentak ketanah dua tangannya mempermainkan selambu yang dipasang pada gawang sebagai pintu memasuki arena pentas. ketika menghentakan kaki maka gongseng yang dikenakan pada kaki menghasilkan bunyi sesuai dengan irama gamelan.

Tarian bapang diiringi dengan permainan gamelan lengkap untuk memainkan gending kalongan laras pelog patet bem. Gending ini juga disebut gending kempul papat karena dalam satu gongan terdapat empat kali pukulan Kempul.

Demikian, berharap semakin banyak generasi muda yang menekuni maupun kegiatan yang mengedepankan seni tradisional di daerahnya masing-masing sebagai salah satu kekayaan budaya yang sudah sepatutnya kita banggakan!


Photo Credit : Para penari dari Sanggar Gandes Pamantes bawakan Tari topeng Bapang di Turnamen Golf POLINEMA CUP V. FILE/Dok. Photo SANGGAR TARI GANDES PAMANTES

Video berikut adalah penampilan dari murid Sanggar Tari gandes Pamantes, yang membawakan tari bapang dan ditafsirkan sebagai tarian Baladewa memiliki watak pemberani, berangsan.

Sanggar Tari Gandes Pamantes – Tari Topeng Bapang:

Hanupis!🙏

Baca Juga :  Gandes Pamantes, Raih Juara Ke-1 di Ajang Remaja Putri Kreatif 2019


Leave a Reply

× How can we help you?
WhatsApp chat