Tari Lenggang Nyai, Representasi Semangat Kebebasan Wanita Betawi

sanggar gtari gandes pamantes membawakan tari Lenggang Nyai

Tari Lenggang Nyai, Representasi Semangat Kebebasan Wanita Betawi

Banyak pesan dan makna yang ingin disampaikan melalui tarian Lenggang Nyai ini, terutama pesan mengenai kebebasan wanita.

Gandespamantes.org- Menurut sejarahnya, Tari Lenggang Nyai ini di ciptakan oleh seorang seniman tari dari Yogyakarta bernama Wiwik Widiastuti, seorang seniman yang sangat mencintai kebudayaan Indonesia dan bersumber dari cerita rakyat Betawi, yaitu Nyai Dasimah.

Nama Tari Lenggang Nyai sendiri berasal dari kata “lenggang” yang berarti “melengak – lengok” dan kata “nyai” yang terinspirasi dari kisah cinta perempuan Betawi bernama Nyai Dasima.

Menurut ceritanya, Nyai Dasimah merupakan seorang wanita cantik dari Betawi yang menikah dengan opsir Belanda bernama Edward William. Meski bergelimang harta tetapi status sebagai isteri kedua menjadikan hidupnya tidak nyaman, akibat belenggu peraturan dari sang suami yang harus dipatuhinya. Ia pun memberontak atas kesewenang-wenangan suaminya.

Nyai Dasima kemudian berjuang untuk mendapatkan kebebasan dan cinta sejatinya dalam sosok seorang kusir delman bernama Samiun yang sering mengantarnya berpergian. Perjuangan itulah yang menginspirasi Wiwiek Widiyastuti menciptakan tari Lenggang Nyai.

Dalam pertunjukannya, penari menari dengan gerakan lincah yang mengandung 32 unsur gerak yang dibawakan secara dinamis oleh 5-8 orang penari perempuan. Serta menggambarkan keceriaan dan keluwesan gadis Betawi, dengan mengusung nilai moral tentang keserakahan, penyesalan, dan cinta sejati.

Hal yang unik dari Tari Lenggang Nyai adalah perpaduan unsur budaya Cina dan Betawi dalam busana yang dikenakan. Biasanya busana penari Lenggang Nyai menggunakan warna terang, seperti warna hijau terang dan merah terang.

Selain itu pada bagian kepala dihiasi dengan hiasan seperti mahkota yang identik dengan budaya Cina. Pada pertunjukan tarian ini juga di iringi dengan musik tradisional Betawi, yaitu Gambang kromong.

Itulah sekelumit cerita tentang Tari Lenggang Nyai! Semoga sedikit informasi ini mampu memberikan inspirasi bagi kita semua!


Photo Credit : Penari Sanggar gandes pamantes bawakan tari Lenggang Nyai yang terinspirasi dari kisah cinta perempuan Betawi bernama Nyai Dasima. FILE/Dok. Photo SANGGAR TARI GANDES PAMANTES

Video berikut adalah penampilan dari murid Sanggar Tari gandes Pamantes, yang membawakan Tari Lenggang Nyai yang mengusung nilai moral tentang keserakahan, penyesalan, dan cinta sejati.

Sanggar Tari Gandes Pamantes – Tarian Lenggang Nyai:

Hanupis!🙏

Baca Juga : Penari Tari Merak Nan Menawan


Leave a Reply

× How can we help you?
WhatsApp chat