Yuk, Kita Menari dan Jaga Tradisi

sanggar tari gandes pamantes menari di hari jadi bogor

Yuk, Kita Menari dan Jaga Tradisi

Tarian tradisional mampu hadirkan makna  serta  merepresentasikan nilai- nilai penting untuk setiap wilayah di Indonesia.

Gandes Pamantes.org- Sudah saatnya kita sebagai masyarakat Indonesia khususnya pelajar dan mahasiswa, harus bisa memilah apa yang masuk dari luar artinya kita harus bisa memilih dan menyaring mana yang lebih baik dan positif untuk kita ikuti. Bukan sekedar ingin mengikuti tren yang sudah ada tanpa mem-filter terlebih dahulu.

Terlebih lagi, dengan keanekaragaman kebudayaannya, Indonesia dapat dikatakan mempunyai keunggulan dibandingkan negara lainnya. Indonesia mempunyai potret kebudayaan yang lengkap dan bervariasi sekaligus memiliki karakteristik tersendiri.

Ya, tarian daerah Indonesia ini memiliki nilai kemanusiaan, nilai keharmonisan, nilai kerpercayaan, hingga nilai adat istiadat yang berbeda-beda untuk tiap negaranya. Tak hanya sarat akan nilai-nilai penting di dalamnya, gerakan hingga busana yang digunakan saat menari daerah juga sangat menarik dan memiliki cerminan dari budaya setempat.

Hingga, tari tradisional belakangan ini tak hanya dikenal oleh masyarakat lokal, macam-macam tarian daerah dan penjelasannya pun sudah sangat dikenal oleh wisatawan mancanegara sekalipun. Hal ini dikarenakan macam-macam tarian daerah tersebut memiliki nilai yang sangat tinggi.

Sayangnya, seperti yang kita lihat saat ini banyaknya mayoritas orang-orang sudah mengabaikan indahnya seni tari tradisional Indonesia yang memiliki makna mendasar, tak sedikit anak muda lebih senang menarikan tarian modern.

Kurangnya kesadaran akan kecintaan kepada seni tari tradisional membuat perlahan-lahan eksistensinya berkurang. Padahal jika dicermati, tak sedikit negara lain yang ingin mengklaim tari-tarian yang dimiliki Indonesia seperti tari pendet yang berasal dari Bali diklaim oleh negara lain. Itu semua menunjukkan bahwa seni tari yang kita miliki sangat berpengaruh besar terhadap dunia internasional.

Ironisnya, generasi muda adalah generasi penerus yang seharusnya bisa memilah budaya yang masuk ke dalam budaya Indonesia, bukan justru menikmati budaya asing yang  masuk bahkan hingga mengunggah ke jejaring sosial dan mungkin saja mereka tidak tahu yang sebenarnya asal usul dan maksud dari tarian tersebut.

Sudah saatnya kita sebagai masyarakat Indonesia khususnya generasi muda, harus bisa memilah apa yang masuk dari luar serta pengaruhnya. Yuk, Kita Menari dan Jaga Tradisi! Guna kembangkan dan lestarikan kembali tarian tradisional cipta karya bangsa kita “Indonesia”.


PHOTO CREDIT : Sanggar tari Gandes Pamantes Dalam acara menari tari tradisional. FILE/DOK. PHOTO SANGGAR TARI GANDES PAMANTES

Baca Juga : Bagi Gandes Pamantes, Menari Adalah Siratan Ekspresi


Leave a Reply

× How can we help you?
WhatsApp chat