Penari Tari Merak Nan Menawan

penari sanggar gandes pamantes bawakan tari merak

Penari Tari Merak Nan Menawan

Bentuk kreasi  tari yang mengimplementasikan kehidupan seekor burung merak nan eksotis dari ranah pasundan. 

Gandespamantes.org- Indonesia memang terkenal dengan beragam kekayaan budaya. Baik itu budaya tradisional atau modern semuanya menarik untuk dipelajari. Diantara jenis kebudayaan tradisional ini terdapat adanya kesenian tari. Salah satu jenis tari yang sangat terkenal adalah tari merak.

Tari merak ini merupakan tarian khas yang berasal dari bumi Pasundan pada tahun 1950an. Gubahan seorang kareografer bernama Raden Tjetjep Somantri yang merupakan implentasi dari kehidupan burung merak.

Dengan iringan musik para penari menggerakkan tubuhnya dengan sangat gemulai layaknya tingkah laku seekor burung merak. Gerakan-gerakan tari yang diperagakan para penari sungguh indah mempesona.

Walaupun tarian ini dibawakan oleh penari wanita, namun terlihat jelas tarian ini mengambarkan tingkah laku merak jantan, utamanya tingkah merak jantan ketika ingin memikat merak betina dengan menebarkan pesonanya.

Karena itulah, warna kostum yang dipakai oleh para penari biasanya sesuai dengan corak bulu burung merak. Selain itu, kostum penari juga dilengkapi dengan sepasang sayap indah yang mengimpletasikan bentuk dari bulu merak jantan yang sedang dikembangkan.

Gerakan tari merak lebih didominasi oleh gerakan yang menggambarkan keceriaan dan kegembiraan yang dipancarkan oleh sang merak jantan. Sehingga tidak heran jika tari merak sering sekali digunakan untuk menyambut pasangan pengantin pria atau sebagai hiburan untuk para tamu dalam acara pernikahan.

Selain itu, tarian merak juga banyak dipertunjukkan dalam event-event baik yang bertaraf nasional maupun event yang bertaraf internasional. Hal ini dikarenakan keindahan gerakan dari tarian merak nan menawan itu sendiri.

Terlepas dari itu, seiring perjalanan waktu, Tari Merak Jawa Barat telah mengalami perubahan dari gerakan asli yang diciptakan oleh Raden Tjetjep Somantri. Adalah Dra. Irawati Durban Arjon yang berjasa menambahkan beberapa koreografi ke dalam Tari Merak versi asli. Sejarah Tari Merak tidak hanya sampai disitu karena pada tahun 1985 gerakan Tari Merak kembali direvisi.

Gerakan tari merak lebih didominasi oleh gerakan yang menggambarkan keceriaan dan kegembiraan yang dipancarkan oleh sang merak jantan. Dan nilai keceriaan yang digambarkan dalam tari merak semakin jelas dengan penggunaan kostum yang digunakan oleh sang penari.

Itulah sekelumit cerita tentang sejarah Tari Merak! Semoga sedikit informasi ini mampu memberikan inspirasi bagi kita semua!


Photo Credit : Penari Sanggar gandes pamantes bawakan tari merak. FILE/Dok. Photo SANGGAR TARI GANDES PAMANTES

Video berikut adalah penampilan dari murid Sanggar Tari gandes Pamantes, yang membawakan tari merak dan  menggambarkan keceriaan serta kegembiraan.

Sanggar Tari Gandes Pamantes – Tarian Merak:

Hanupis!🙏

Baca Juga :  Gandes Pamantes, Raih Juara Ke-1 di Ajang Remaja Putri Kreatif 2019


Leave a Reply

× How can we help you?
WhatsApp chat