Sekelumit Cerita Dari Sanggar Tari

Foto bersama siswa sanggar tari gandes pamantes

Sekelumit Cerita Dari Sanggar Tari

Sanggar Gandes Pamantes merupakan sanggar seni tari tradisional yang menonjolkan kebudayaan Sunda khususnya Bogor, yang didirikan sekaligus dipimpin oleh Indi Febriyanti.

Gandespamantes.org- Bangunan sederhana yang terletak di pinggir jalan raya cifor, dengan balutan buana nan nyaman  dan alami, bernama sanggar tari Gandes Pamantes. Nama Gandes Pamantes itusendiri berasal dari dua suku kata yang mengambil kata dari ranah pasundan. Yaitu, “Gandes” dan “Pamantes”  yang jika digabungkan akan memiliki arti gadis-gadis cantik yang selalu pantas dilihat dan menarik.

Di sanggar tari Gandes Pamantes selalu saja terdengar riuhrendah anak-anak yang hadir untuk latihan menari guna mempertahankan keberanekaan dalam khasanah budaya nusantara. Baik dari anak-anak yang menari dengan membawa gelak, hingga mereka siswa tari yang berusia matang.

Sangar tari Gandes Pamantes yang berakar dari seni tari tradisi kerap hadirkan pertunjukan tari yang mengunakan bahan baku dari perbendaharan kesenian Sunda dan dikembangkan dengan inspirasi serta inovasi Indi Febriyanti sebagai pendiri sanggar dan dari pengalamanya sendiri baik didalam maupun luar negeri.

Meski ada pelatih yang mengajar, tidak jarang sebagai pemilik sanggar sekalipun, Indi terjun langsung mengajar tari kepada anak-anak. Bergerak dengan menggunakan wiraga, wirama, dan wirasa itu sudah menjadi obat yang manjur tersendiri guna tetap mempertahankan kehadirannya dalam dunia pendidikan dan apresiasi seni tari tradisional Indonesia serta pengembangannya melalui penataan pendidikan tari dan daya cipta kreatif yang mendalam.

Sanggar Gandes Pamantes terus mengembangkan Kebudayaan Sunda terutama kesenian tradisional dengan memberikan garapan ataupun inovasi baru. Misalnya Tarian yang berjudul  lawang Rasa, salah satu tari garapan dari sanggar gandes pamantes yang berkolaborasi dengan penata musik iki boleng menggunakan gamelan jawa barat.

Sebuah tarian yang merupakan tari kreasi jaipongan dan mengandung arti gerbang atau pintu hati, menggambarkan karakter seorang wanita yang memiliki kebaikan dan kelembutan hati.

Sanggar Gandes Pamantes seringkali berhasil mengantongi prestasi dengan tampil di berbagai event dan tradisi. Ataupun saat mengisi acara peresmian suatu instansi, penutupan rapat di pemerintahan hingga penghelatan di berbagai acara ataupun sekedar memeriahkan acara tradisi dan pesta.


Photo Credit : Foto bersama para siswa Sanggar Gandes Pamantes seusai pentas. FILE/Dok/Ist. Photo Sanggar tari gandes pamantes

Baca Juga : Bawakan Tari Leungiten, Gandes Pamantes Raih Juara Ke-3


Leave a Reply

× How can we help you?
WhatsApp chat