Tari Kalang Sunda Nan Kenes

Tarian Kalang Sunda dapat memberi gambaran perempuan Sunda kekinian yang energik. Gerak Jaipongan yang atraktif dan dinamis mampu menunjukkan bahwa perempuan Sunda adalah perempuan yang penuh semangat, penuh perjuangan, kuat, ramah, lincah, dan kenes.

Gandespamantes.org – Suara gamelan terdengar dinamis mengikuti gerak para penari dari Sanggar Tari Gandes Pamantes, Cilubangnagrag, JL Raya Cifor, Kec. Bogor Bar, Kota Bogor, Jawa Barat yang menyuguhkan garapan berjudul “Kalang Sunda” di Gedung Transmart Yasmin, Kota Bogor.

Perlu diketahui, Tari Kalang Sunda ini diciptakan oleh seorang seniman asal Bandung, Gugum Gumbira, sekitar tahun 1960-an, dengan tujuan untuk menciptakan suatu jenis musik dan tarian pergaulan yang digali dari kekayaan seni tradisi rakyat Nusantara, khususnya Jawa Barat.

Tarian ini bila kita amati memiliki gerakan yang sederhana dan sedikit variasi layaknya sebuah gerak beladiri silat dimanapun di nusantara ini, namun manakala kita menyimak secara teliti dan melihat gerak serta arah tarian tersebut kita akan dipenuhi beribu pertanyaan yang sulit dicari jawabnya terkecuali bagi mereka yang memang benar mau dan tekun mempelajarinya.

Mengenai Busana, untuk kostum Jaipong terdiri dari dua bagian yaitu bawahan dan atasan. Pada kostum tari sunda ini memakai kebaya. Kebaya warna-warna cerah cocok untuk gerakan jaipong yang dinamis dan energik. Kebaya yang dipilih harus dari kain katun, tentunya lantaran lebih nyaman dipakai .

Sedangkan pada bawahan, menggunakan kain/jarit batik motif Cirebonan. Terkadang untuk Jaipong modern, penari menggunakan celana legging dan dipadukan dengan jarit. kostum ini dipengaruhi oleh tiga unsur yakni sunda pada motif batik, betawi pada kebaya dan tionghoa pada corak sanggul.

Ciri khas Tari Jaipong Jawa Barat diantaranya gaya kaleran, yakni keceriaan, erotis, humoris, semangat, spontanitas, dan kesederhanaan (alami, apa adanya).


Photo Credit :Tarian Kalang Sunda dapat memberi gambaran perempuan Sunda kekinian yang energik. FILE/Dok. Photo SANGGAR TARI GANDES PAMANTES

Video berikut adalah penampilan dari murid Sanggar Tari gandes Pamantes, yang menjadi salah satu contoh upaya menjaga tradisi dan budaya melalui seni tari asli Indonesia.

Sanggar Tari Gandes Pamantes – Tarian Kalang Sunda:

Hanupis!🙏

Baca Juga :  Gandes Pamantes, Raih Juara Ke-1 di Ajang Remaja Putri Kreatif 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *