Rias Wajah, Entitas Ekspresi yang Patut Diapresiasi

Menerapkan riasan ke wajah bisa dikatakan sebagai seni. Bagi wanita, riasan adalah suatu cara untuk mengekspresikan dirinya menjadi unik dan berbeda dari yang lain.

Gandespamantes.org – Wanita dan  riasan wajah ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Bukan lantaran kurang percaya diri dengan penampilan alaminya, Namun dengan bersolek, wanita dapat membantu tampilkan versi terbaik dari dirinya.

Memang, ada berbagai macam alasan wanita menggunakan riasan wajah. Mulai dari meningkatkan pede, tuntutan pekerjaan, menarik perhatian lawan dan sesama jenis, hingga sebatas penyaluran hobi akan corat-coret muka.

Menurut Korichi, Pelle-de-Queral, Gazano dan Aubert, riasan wajah secara psikologis memiliki dua fungsi yaitu fungsi seduction dan camouflage.

Fungsi seduction artinya individu menggunakan riasan wajah untuk meningkatkan penampilan diri. Umumnya individu yang menggunakan make up untuk fungsi seduction merasa bahwa dirinya menarik dan menggunakan make up untuk membuat lebih menarik.

Sedangkan fungsi camouflage artinya individu menggunakan riasan wajah untuk menutupi kekurangan diri secara fisik. Umumnya individu yang menggunakan riasan wajah untuk camouflage merasa dirinya tidak menarik sehingga perlu menggunakan make-up untuk membuat menarik.

Simpelnya, fungsi merias wajah adalah menambah atau memperindah penampilan seseorang. Namun jika salah dalam pengaplikasiannya, bukannya memperindah, justru malah bisa merusak penampilan hingga timbulkan tragedi.

Karena itu, riasan wajah harus disesuaikan dengan usia dan keperluan acara, baik itu untuk acara menari, atau sekedar rutinitas sehari-hari. Jangan sungkan pelajari tren dari ahlinya merias wajah dan terus ikuti perkembangan tren  yang terus bertransisi.

Catherin, salah satu blogger dan praktisi kecantikan pernah mengutarakan dalam tulisannya, bahwa riasan wajah menjadi wujud lain dari seni yang mampu mengekspresikan apa yang ada dalam diri kita kepada orang lain. Riasan wajah ibarat lagu atau tulisan, yang merupakan entitas ekspresi dari si pencipta lagu ataupun si penulis.

Dan karena itu, mungkin perlu kita sepakati. Ketika wanita menggunakan riasan wajah, itu hanyalah suatu cara yang dilakukan para wanita dalam mengekspresikan diri, dan tentu saja alangkah baiknya jika kita mengapresiasinya.


Photo Credit : Riasan wajah harus disesuaikan dengan usia dan keperluan acara, baik itu untuk acara menari atau sekedar rutinitas sehari-hari. FILE/Dok. Photo SANGGAR TARI GANDES PAMANTES

Baca Juga : Bagi Gandes Pamantes, Menari Adalah Siratan Ekspresi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *