Sanggar Gandes Pamantes Raih Penghargaan Naskah Terbaik

Sanggar Gandes Pamantes Raih Penghargaan Naskah Terbaik

Sanggar Gandes Pamantes Raih Penghargaan Naskah Terbaik

Category : Ada Apa?

Gandespamantes.org – Sanggar Gandes Pamantes yang membawakan tari Topeng Gengges berhasil raih penghargaan untuk kategori naskah terbaik dalam Festival Kemasan Seni Pertunjukan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor di Gedung Kemuning Gading, Komplek Balai Kota, Kamis (28/11/2019).

Tari Topeng Gengges ini merupakan sebuah tari kontemporer yang disesuaikan dengan kehidupan jaman sekarang. Dimana didalamnya menggambarkan ragam warna warni sifat dari kehidupan remaja yang sedang berkelompok.

Aspek sifat remaja dalam Tari Topeng Gengges ini sangatlah bervariasi, termasuk Labil, genit, riweh serta banyak gaya dalam mengekspersikan gestur maupun mimik muka yang lucu dan terkadang justru mengganggu sekitar. Keadaan seperti ini oleh anak-anak millenial zaman sekarang yang kerap disebut sebagai Gengges.

Seperti diketahui, tari ini memiliki keragaman gaya tarian, dan tentunya termaksud refleksi warna warni dari kehidupan remaja dengan kekhasan tersendiri.

Para penari di dalam tari Topeng Gengges ini tampil dengan rambut tersanggul dan membawa kain yang berwarna, seperti merah, coklat, merah muda, hijau dan ungu. Tapi semuanya masih mengacu pada busana tradisional yang kental, seperti kostum kebaya kuning yang dikenakan masing-masing penari namun tetap memberikan kesan dinamis, dengan riasan natural.

Disamping itu, properti yang digunakan oleh ketujuh penari Topeng Gengges ini berupa topeng yang mengekspresikan dengan beragam mimik yang sarat banyol.

Terkait Iringan musik yang mengiringi Tari Topeng Gengges, sarat akan unsur musik tradisional seperti Kendhang, Bonang, Sarong, yang kesemuanya menghadirkan ambiance akan perpaduan musik tradisional yang dapat pula dinikmati para millenial.


PHOTO CREDIT :  Tim Sanggar tari Gandes Pamantes usai membawakan tarian Topeng Gengges di Festival Kemasan Seni pertunjukan Bogor 2019. FILE/DOK. PHOTO IST

Artikel ini telah tayang di ACS BLOG.

Baca Juga : Sanggar Gandes Pamantes bawakan Tari Bapang di Turnamen Golf POLINEMA CUP V


Leave a Reply

× How can we help you?
WhatsApp chat