Menu Close

Baksa Kembang, Tarian Klasik Dari Kerajaan Banjar

Baksa Kembang, Tarian Klasik Dari Kerajaan Banjar

Sanggar Tari Gandes Pamantes hadirkan Tari Baksa Kembang saat mengisi sebuah acara pernikahan dengan khas Kalimantan Selatan. Sebuah tarian klasik yang tariannya biasa di fungsikan sebagai tarian penyambutan tamu.

Tari Baksa Kembang awalnya merupakan tarian yang hanya di tampilkan di lingkungan kerajaan untuk menyambut tamu kehormatan atau kerabat kerajaan. Namun seiring dengan perkembangan, tarian ini mulai populer di masyarakat ketika kerajaan Banjar mulai membuka akses untuk masyarakat menyaksikan pertunjukan tari ini. Sehingga Tari Baksa Kembang mulai populer di masyarakat dan menjadi salah satu kebudayaan daerah di Kalimantan selatan.

Nilai yang dapat diambil dari Tarian Baksa Kembang sangat luhur. Karena kegiatan menghormati dan menghargai tamu merupakan kegiatan yang mulia. Hal ini merupakan budaya bangsa kita yang harus kita junjung tinggi.

Seperti jenis tari tradisi pada umumnya, tentunya tari baksa kembang ini juga memiliki busana tersendiri. Dalam pertunjukannya, para penari tari baksa kembang ini dibalut dengan busakan khas tari baksa kembang. Selain itu, para penari juga dilengkai dengan selendang yang digunakan untuk mempercantik tarian tersebut.

Selain itu, yang menjadi ciri khas busana tari baksa kembang ini adalah mahkota kembang yang terdapat di kepala penari yang bernama gajah gemuling yakni mahkota yang dihiasi kembang bogam ukuran kecil serta anyaman daun kelapa muda yang sering disebut dengan nama halilipan di daerah tersebut.

Tari Baksa Kembang menceritakan tentang putri remaja yang cantik jelita sedang bermain-main riang gembira di taman bunga. Penari dari tarian ini dilakukan oleh wanita berjumlah ganjil , baik tunggal maupun jamak asal berjumlah ganjil.

Gambaran dari tarian ini merupakan kelembutan tuan rumah dalam menyambut dan menghormati tamu. Sehingga suasana tariannya akan nampak riang gembira. Para penarti tersebut memetik beberapa kuntum bunga yang kemudian dirangkai menjadi kembang bogam.

Setelah itu, mereka membawa kembang bogam tersebut sambil menari dengan gerakan yang lemah gemulai dan lembut. Selain itu mereka juga membawa propreti kembang boham ditanggan, yakni kembang mawar, melati, kantil dan juga kenanga yang nantinya akan dihadiahkan kepada para tamu setelah pertunjukan selesai.


PHOTO CREDIT :  Sanggar tari Gandes Pamantes hadirkan Tari Baksa Kembang, sebuah tarian klasik yang tariannya biasa di fungsikan sebagai tarian penyambutan tamu. FILE/DOK/PHOTO Sanggar Gandes Pamantes

Video berikut adalah penampilan dari Sanggar Tari gandes Pamantes, yang membawakan Tari Baksa Kembang,  sebuah tarian klasik yang tariannya biasa di fungsikan sebagai tarian penyambutan tamu khas Kalimantan Selatan.

Sanggar Tari Gandes Pamantes – Tari Baksa Kembang:

https://www.youtube.com/watch?v=ROLSgL7Mtpc&t=148s

Hanupis!🙏

Baca Juga : Tari Sigeh Penguten, Tarian Penyambut Tamu Istimewa Khas Lampung

WhatsApp chat
× How can we help you?
Secured By miniOrange