Menu Close

Gandes Pamantes Turut Meriahkan Bogor Street Festival Cap Go Meh 2020 Kota Bogor

Gandes Pamantes perayaan Bogor Street Festival Cap Go Meh (CGM) 2020 Kota Bogor

Sejumlah sanggar seni turut hadir memeriahkan perayaan Bogor Street Festival Cap Go Meh (CGM) 2020 Kota Bogor. Sudah tentu Sanggar tari Gandes Pamantes menjadi salah satu peserta yang turut memeriahkan acara yang berlangsung di Jalan Suryakencana, Babakan, Bogor Tengah ini.

Mojang – mojang yang tergabung dalam sanggar tari Gandes Pamantes hadir membawakan tari berjudul “Rengkak Ayakan”, sebuah tarian yang menceritakan suka cita dan keceriaan warga Situ Gede dalam pesta rakyat ngubek setu, yang diinterpretasikan dalam Bogor Street Festival Cap Go Meh 2020 Kota Bogor sebagai helatan kesenian dan kebudayaan untuk semua kalangan. Terlebih, tema yang diusungnya pun sangat kuat, yakni sebagai ajang budaya pemersatu bangsa.

Ketua Pelaksana Bogor Street Festival 2020, Arifin Himawan mengatakan, event ini masih mengusung tagline ‘Ajang Budaya Pemersatu Bangsa’ dengan tema ‘Looking Eastward’. Dengan tema tersebut, dapat diterjemahkan dalam arti itu luas dan beragam.

Tidak hanya melihat ke satu arah saja tapi harus bisa menatap ke semua, tanpa kecuali ke arah Timur. Hal lain, tema tersebut diambil, karena Bangsa Indonesia merupakan bagian dari Asia Timur, yang diperhitungkan dunia. “Menunjukkan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan makna peradaban Bangsa ketimurannya.  Secara filosofi, menatap ke timur juga sebagai simbol matahari terbit, sumber dan pembawa kecerdasan,” ujar Arifin Himawan, Senin (3/2/2020).

Wali Kota Bogor Bima Arya ditempat yang sama menyatakan, Pemerintah Kota Bogor siap mendukung penuh kegiatan budaya tersebut lantaran mengandung nilai-nilai kebersamaan dalam keberagaman. “Yang berbeda dari tahun sebelumnya adalah bahwa event Bogor Street Festival CGM 2020 ini masuk dalam Top 100 event pariwisata unggulan yang masuk dalam Calendar of Events (CoE) Wonderful Indonesia dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ungkap Bima.

Perlu diketahui, Bogor Street Festival CGM ini telah menjadi agenda pariwisata Pemprov Jabar bahkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif setiap tahunnya. Saking rutinnya, Tak heran jika CGM ini sangat dinanti oleh warga Kota Bogor dan sekitarnya termasuk kalangan seniman dan budayawan Jabar serta para pelaku pariwisata.

Agenda pariwisata sekaligus budaya tersebut dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Wali Kota Bogor Bima Arya. Sontak saja kemeriahan terjadi usai Wishnutama membuka Bogor Street Festival CGM dimulai kawasan Pecinan di Kota Bogor tersebut.

Aneka kesenian tradisional nan modern ikut andil dan antre memperlihatkan “kamonesan” kepada warga Kota Bogor yang memadati Jalan Suryakancana sejauh 1 km dan dibalut nuansa euforia karnaval lintas budaya ini.

Festival ini bebas disaksikan oleh masyarakat umum secara gratis. Masyarakat yang ingin datang bisa memarkirkan kendaraan di beberapa lahan parkir yang disediakan seperti dekat Vihara Dhanagun, dan pusat perbelanjaan sekitar Jalan Surya Kencana yaitu Mal Botani Square, dan Mal BTM.

 


PHOTO CREDIT : Sanggar tari Gandes Pamantes turut hadir memeriahkan perayaan Bogor Street Festival Cap Go Meh (CGM) 2020 Kota Bogor. FILE/DOK/PHOTO Sanggar Gandes Pamantes

 

Video berikut adalah penampilan dari Sanggar Tari gandes Pamantes, yang turut hadir memeriahkan perayaan Bogor Street Festival Cap Go Meh (CGM) 2020 Kota Bogor.

Bogor Street Festival CGM 2020 II Sanggar Tari Gandes Pamantes

WhatsApp chat
× How can we help you?
Secured By miniOrange