Tari Rondang Bulan, Rupa Ceria Khas Tapanuli Selatan

Sanggar gandes pamantes bawakan tarian rondang bulan

Tari Rondang Bulan, Rupa Ceria Khas Tapanuli Selatan

Tari tradisional adalah tarian  yang buat oleh nenek moyang kita pada zaman dahulu dan dikembangkan didalam  daerahnya secara turun temurun.

Gandespamantes.org- Dalam tarian tradisional yang dibuat oleh nenek moyang kita dahulu selain sebagai suatu kesenian juga terdapat nilai atau cerita yang terkandung didalamnya, seperti halnya tarian tradisional di Rondang  barat. Dalam tarian yang dibuat masyarakat Tapanuli Selatan yang hadirkan lakon khas Sumatera Utara.

Tarian Rondang Bulan merupakan tari kreasi yang menggambarkan keceriaan gadis-gadis bersuku mandailing, Tapanuli selatan. Memamerkan persona wajah penuh senyum tawa terlihat dari ekspresi wajah-wajah para penari yang menampilkan gerakan tari ini di atas panggung.

Tarian ini dimainkan secara berkelompok. Nama Tari rondang bulan khas Tapanuli Selatan ini biasanya ditarikan dengan riang gembira di bawah pancaran sinar bulan purnama. Dan, Rondang Bulan itu sendiri dalam bahasa Tapanuli Selatan berarti terang bulan.

Dalam penyajiannya, ekspresi penari yang mencerminkan keceriaan terlihat secara implisit sepanjang gemulai tarian dibawakan diatas panggung. Para penari melakukan aksi indah dengan gerakan-gerakan lenggak lenggok sambil sesekali membentuk lingkaran. Sambil mengitari lingkaran para penari ini menjentikan jari jemari dengan sesekali bertepuk tangan.

Untuk segi kostum, penari Rondang Bulan mengenakan pakaian khas Suku Batak Mandailing dengan  Warna yang di dominasi oleh warna merah, keemasan, dan warna hitam. Berbeda dengan perempuan, laki-laki Mandailing menggunakan penutup kepala yang bentuknya khas. Dan Penutup kepala pakaian adat Sumatera Utara disebut Ampu.


Photo Credit : Sanggar gandes pamantes bawakan tarian Rondang bulan khas tapanuli selatan. FILE/Dok/Ist. SANGGAR GANDES PAMANTES

Baca Juga : Bawakan Tari Leungiten, Gandes Pamantes Raih Juara Ke-3


Leave a Reply

× How can we help you?
WhatsApp chat